Telah hadir di Silalahi, "Manjo Grosir" Agen Resmi Pembayaran Online terlengkap |Pulsa-Paket Data-Token Listrik-BPSJ-Transfer Uang, dll| Info lebih Lanjut, Klik DISINI

Table of Content

Bawang Silahisabungan di Njuah Njuah

 Sidikalang, 13 September 2022

Bawang Merah Silahisabungan di Pesta Budaya Njuah-Njuah

Pesta Budaya Njuah-Njuah
Pesta Budaya Njuah-Njuah 2022

Berbeda dari hari hari bisanya, kamis (13/10) dijalan utama kota Sidikalang jelas jelas ada yang unik dan menarik perhatian masyarakat, berbagai jenis pemeran dari berbagai sektor dipamerkan dipenjang jalan besar kota Sidikalang, Arak arakan penonton di sepanjang jalan membuat kota Sidikalang dipadati orang orang yang berasal dari berbagai daerah.
Pawai yang terlibat dalam kegiatan Pesta Budaya Njuah-Njuah 2022 ini terdiri dari puluhan barisan, mulai dari barisan pawai SD, SMP,SMA, Lembaga Pemerintah, Swasta serta Lembaga-lembaga Sosial Kemasyarakatan , Dalam kegiatan Pesta Budaya Njuah-Njuah ini, Pawai barisan dari Kecamatan Silahisabungan, yang langsung dipimping oleh Bapak Camat Silahisabungan, Landong Napitu S.IP dan didampingi oleh Sekcam Silahisabungan, Bapak Iwan Simarmata, juga di ikuti oleh Personil KAntor Camat, Seluruh Kepala Desa dan Kepala Sekolah yang ada di Silahisabungan serta Puskesmas dan tentunya Tim Silalahi Projects , total rombongan dalam kegiatan ini kurang lebih 60 Orang, termasuk juga Ibu Sagala yang memerankan peranan dalam pertunjukan Tenun Ulos Silahisabungan. Panas terik matahari tidak mengurangi semangat para perwakilan Kecamatan Silahisabungan.
siluah kecamatan silahisabungan
Silua (oleh oleh) Kecamatan Silahisabungan


"Molo sahali on, Ikkon tabaen na berbeda sian na sebelumna di Pesta Budaya Njuah-Njuah, asa takkas diboto akka pargijangan, hita parsilahisabungan on kompak demi kemajuan ni hutatta", demikian ungkap pria lulusan dari  Bandung ini.

Baca Juga : RKPDes 2023 Desa Silalahi II

Sejauh mata memandang, ada banyak sekalin yang dipamerkan selama acara Pesta Budaya Njuah-Njuah, seperti Durian dari Kecamatan Tigalingga, Reog Ponorogo dari PUJAKUSUMA Dairi dan lain sebagainya, Namun adalah khas tersendiri, ketika sebuah Miniatur Rumah Bolon yang dikerjakan oleh Naposo Silahisabungan dibawah koordinasi Lamhot Sitanggang, warga desa Silalahi II, Berukuran 2 X 1,2  Meter dijalankan dengan bagian Atas yang di isi dengan Bawang Merah, dan ditambahi dengan mangga yang disusun sedemikian rupa di sisi depan, kiri dan kanan Rumah Bolon, serta sebuah ukirain singa - singa ala batak toba, dan juga ikan Mas berukuran jumbo ditandu. Hanya berjalan beberapa saat saja, warga yang melihat sudah paham dan mengerti lokasi asal hasil bumi yang sedang berjalan, Silahisabungan, Silahisabugan...!!! Demikian teriakan warga ketika rombongan pimpinan Pak L. Napitu ini lewat, ada banyak sekali yang saling tergur sapa dalam kegiatan ini, Termasuk juga Bapak Hamaska Silalahi selaku mantan Camat Silahisabungan yang turut manghampiri para kontingen dari Kecamatan Silahisabungan, ada juga beberapa ibu ibu yang menyapa Pak Iwan yang dulu sama sama bekerja di Dinas PU Kabupaten Dairi.

Baca Juga : Persiapan Pesta Tugu Silalahi 2022

Enaknya Mangga Silalahi


Di ujung jalan pawai, tepanya di depan Gedung Nasional Kabupaten,  Pak Bupadi Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, bersama Ibu, kemudian turun dan menyambut barisan pawai dari Kecamatan Silahisabungan, dimana dalam dalam kesempatan ini, langsung diserahkan Ikan Mas berukuran jumbo oleh Camat dan Kades Silahisabungan kepada bapak Bupati EKAB, 

"Ada Bawang, Ada Ikan, ada Mangga udang,  ujar Bupati Dairi saat penyerahan Silua (Oleh oleh) kepada bupati Dairi, Top Siluah Silahisabungan ucap Eddy Berutu.

Silua Rumah Bolon Karya Lamhot Sitanggang

Dalam moment tibanya Rumah Bolon beratapkan Bawang Merah, Ramai ramai rumah bolon tersebut diangkat dan secara spontan aktusian tangan gerak cepat untuk mencoba ambil mangga mangga silua dari Silahisabungan, perwakilan kecamatan Silahisabungan, merasa cukup berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Kecamatan Silahisabungan untuk turut serta dalam kegiatan Pesta Budaya Njuah-Njuah ini, semoga acaranya akan berjalan sukses hingga penutupannya.

Besar harapnya, Kegiatan ini bisa juga nantinya mendatangkan Wisatawan Ke Dairi, dan secara khusus Ke Silahisabungan, dimana wisatawan nantinya bisa mendapatkan bawang merah sebagai oleh oleh  juga ikan serta souvenir berupa kalung dan gantungan kunci serta ulos Silalahi.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Siringo Desa Silalahi II 


Sumber : Tim Info Silahisabungan


Horas, Ya'ahowu... Salam kenal, saya Onald, Saya mengelolah beberapa blog (Dapat anda lihat di daftar), dan hobby membaca serta menulis, saya menghabiskan waktu di dunia internet, termasuk Youtub…

4 comments

  1. Itu acaranya ada lomba ga lae????
    1. sepertinya ada bang....
      Coba langsung ditanya di FB mereka yaa bang...
      Terima kasih
  2. Terima kasih untuk Pemkab yang sudah memberikan ruang kepada kami kecamatan Silahisabungan untuk bisa tampil dalam acara Njuah njuah.
  3. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Info Silahisabungan, untuk teman teman yang ingin memintakan Informasi lain seputar Silahisabungan, Silahkan sampaikan di Kolom Komentar, atau bisa langsung hubungi kami di kontak yang sudah tersedia.
    Admin
Mohon Menggunakan Bahasa yang Sopan!