Telah hadir di Silalahi, "Manjo Grosir" Agen Resmi Pembayaran Online terlengkap |Pulsa-Paket Data-Token Listrik-BPSJ-Transfer Uang, dll| Info lebih Lanjut, Klik DISINI

Table of Content

3 Jenis Usaha BUMDes yang menjanjikan di Silahisabungan

 3 Usaha BUMDes yang Cocok di Kecamatan Silahisabungan



Pembuka

Kecamatan Silahisabungan yang berada tepat dipesisir Danau Toba, menjadi salah satu tujuan wisata yang digadang-gadang oleh pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Dimana Kecamatan ini mendapatkan perhatian lebih dalam berbagai sektor industri, sebut saja dalam hal industri pariwisata. Hal ini tentu saja menjadi momen yang cukup baik untuk dimanfaatkan baik oleh pemerintah desa setempat maupun oleh masyarakat kecamatan Silahisabungan.

Tentu saja dibutuhkan banyak strategi untuk menjadikan Kecamatan ini menjadi "Layak" untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun manca negara, salah satu strategi yang mungkin bisa dimanfaatkan adalah dengan bergerak dari BUMDes 5 desa yang ada di kecamatan Silahisabungan.

Kenapa Harus BUMDes ?

Tentu hal ini menjadi pertanyaan bersama untuk kita semua, Kenapa harus BUMDes?
Nah, ada beberapa alasan kenapa BUMDes menjadi pilihan yang tepat sebagai wadah dalam proses pengembangan desa - desa di Kecamatan Silahisabungan, adapun alasannya antaralain sebagai berikut :
  1. Pendanaan yang berasal dari Berbagai Sumber
  2. Pembagian Hasil yang dikembalikan kepada Masyarakat
  3. Penyerapan Tenaga Kerja dari lokal
  4. Pengembangan jenis usaha yang tidak tak terbatas
Selain alasan-alasan tersebut diatas, masih banyak alasan lain yang menjadikan BUMDes sebagai wadah yang baik untuk proses pengembangan Desa, Hingga saat ini ada beberapa jenis unit usaha dari 5 Desa di Kecamatan Silahisabungan, diantaranya adalah Usaha Air Bersih dan Pengelolahan Wisata, tentu disetiap jenis usaha yang dijalankan ada saja masalah yang muncul. sebut saja dalam usaha Air Bersih, dimana Air terkadang tidak mengalir ke rumah-rumah warga saat keadaan hujan deras, hal ini dikarenakan berbagai alasan, misalnya kurang profeionalnya metode penanganan yang ada.
Sejauh ini, setelah menjelang usia Kecamatan yang ke 18 Tahun, belum ada desa yang mencoba untuk memulai unit usaha BUMDes yang berhubungan dengan proses pengembangan BSF, dimana BFS ini bisa menjadi salah satu solusi yang baik dalam proses pengembangan industri pariwisata dan juga sebagai salah satu solusi permasalahan sampah yang ada, berikut adalah 3 usulan Usaha BUMDes yang cocok di desa-desa di Kecamatan Silahisabungan.

Baca Juga:

1. Unit Usaha Budidaya BSF

Kemungkinan besar, BSF ini masih asing di telinga kita, BSF atau Black Soldier Fly adalah salah satu jenis lalat yang banyak di temaukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik, dengan proses pembudidayaan BSF, hal ini dapat membantu pemerintah dan warga sekitaran desa-desa di kecamatan Silahisabungan untuk mengatasi permasalah sampah yang ada, dengan metode dan proses yang baik, Unit usaha budidaya BSF ini dapat meningkatkan perekonomian desa dan bahkan dapat meningkatkan PAD desa. Info lebih lanjut tentang Unit usaha Budidaya BSF ini bisa di cari di internet atau menghubungi admin dalam proses demonstrasi proses pembudidayaannya, salah satu desa yang sudah menjadikan Unit USaha Budidaya BSF sebagai program meraka adalah Desa Girikulon. (Cek Infonya DISINI)

2. Unit Usaha PPOB

Unit Usaha PPOB atau  payment point online bank atau Sistem Pembayaran Online.
Diharapkan salah satu kebijakan dari BUMDes yaitu "Tidak menjadi saingan usaha dari usaha masyarat yang sudah ada" bisa tetap di pertahankan, walaupun dalam beberapa kondisi, hal ini sering terabaikan.
Terhusus untuk Desa Silalahi II, sejauh pengamatan yang dilakukan Usaha warga yang berhubungan dengan Usaha PPOB sama sekali tidak ada, hal ini tentu saja menjadi peluang yang baik, dimana PPOB ini bisa menjadi Unit Usaha yang menjanjikan dengan teknik yang dapat di pelajari lebih lanjut, salah satu hal yang cukup nyata untuk dimulai adalah dengan meminta seluruh aparat desa dan pns yang berdomisili di desa tersebut dimaksud melakukan proses pembayaran online dari Unit Usaha ini. Misalnya, seluruh PNS atau aparat desa melakukan proses pembayaran paket data dari BUMDes atau Pembayaran/Pembelian Listrik dari BUMDes. Untuk hal hal lain mengenai jenis Unit Usaha ini, bisa dicarikan informasi lebih lanjut di Internet atau bisa menghubungi Admin Info Silahisabungan. Kami akan dengan senang hati mencoba berbagi pengetahuan tentang hal ini.

3. Unit Usaha Pemandu Wisata & Sejenisnya

Pemandu adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan untuk beberapa orang, dan tentu saja keberadaan pemandu juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang ada. Untuk menjadi pemandu tidaklah sulit, hanya saja menjadi pemandu yang resmi dan di akui oleh pemerintahan tentu memiliki beberapa tahapan prosedur yang harus dilalui.
Dengan menjadikannya salahs atu Unit Usaha di BUMDes, hal ini akan mempermudah proses tersebut, selain hal tersebut, proses pembentukan kerjasama dengan pemilik usaha Hotel, Pantai, Rumah Makan dan lain sebagainya akan menjadi lebih mudah.
Unit Usaha ini juga menjadi unit usaha yang tentunya akan menyerap tenaga kerja, dimana hal ini tentunya akan berdampak positif yang baik untuk kemajuan perekonomian masyarakat kecamatan Silahisabungan.

Penutup

Semoga dengan adanya usualan 3 Jenis Usaha BUMDes yang menjadikan di Silahisabungan ini, Pemerintah desa di Kecamatan Silahisabungan, dapat menyerap dan menerima usual yang ada dan menindaklanjuti usulan ini serta merealisasikannya, karena BUMDes adalah salah satu wadah yang baik untuk memulai kembali langkah yang sudah tertinggal.

Terima kasih, Sumber: Kemendes & Admin
Horas, Ya'ahowu... Salam kenal, saya Onald, Saya mengelolah beberapa blog (Dapat anda lihat di daftar), dan hobby membaca serta menulis, saya menghabiskan waktu di dunia internet, termasuk Youtub…

Post a Comment

Mohon Menggunakan Bahasa yang Sopan!