Table of Content

Festival Silahisabungan 2023

 Silahisabungan, 2023

Festival Silahisabungan 2023

Logo Festival Silahisabungan 2023 - by : Lamhot Sitanggang


Info Awal

Muda-mudi yang tergabung di Muda Mudi Kecamatan Silahisabungan telah melakukan beberapa kali pertemuan dalam proses pembahasan untuk pelaksanaan kegiatan Festival Silahisabungan 2023 ( #FS23 ). Dalam pertemuan pertama dan kedua, agenda pembahasan tentang proses persiapan terkait dengan kegiatan dan hal hal lain, termasuk diskusi proses keterlibatan semua pihak.  Kemudian dalam pertemuan ke III. diadakan proses pembentukan Panitia yang digelar secara terbuka, setiap orang memiliki hak yang sama! "Berhak untuk dipilih dan memilih" khususnya untuk KWSB (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara) Panitia, proses pembentukan panitia dilaksanakan pada hari Rabu, 19 April 2023, berlokasi di Cafe Morina, Desa Silalahi II.

 Info Tambahan

Festival Silahisabungan pertama kalinya diadakan tahun 2022, dengan singkatan #FS22, berikut beberapa kegiatan yang sudah terlaksa pada FS22.
  1. Gotong Royong Massal
  2. Penijauan Situs - Situs Lokal
  3. Dokumentasi Ulos
  4. Pertandingan Tradisional (Mararsurta, Margala, Marsukkil,dll)
  5. Puncak Acara (Tiup Lilin, Live Painting, Dll)

Informasi lengkap terkait hal tersebut bisa dilihat di Facebook Festival Silahisabungan
Dalam poin ke 5 disebutkan "Tiup lilin", pada dasaranya Festival Silahisabungan ini dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kecamatan Silahisabungan, di FS23 tahun 2023 ini, Kecamatan Silahisabungan genap berusia 19 Tahun, tepatnya di tanggal 14 Juni, ada banyak alasan kenapa Festival ini terjadi, tentu setiap kegiatan memiliki tujuan, sebagai tujuan tertuang sesuai dengan Tema #FS23 Tahun ini,
Pentingnya peran masyarakat dalam upaya mengenal dan melestarikan budaya silahisabungan di era 4.0

  Pihak terlibat

Dalam Festival Silahisabungan 2023, diharapkan seluruh elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan ini, baik secara langsung maupun tidak, hal ini susuai dengan instruksi dari Camata Silahisabungan, Bapak L. Napitu. Sesuai dengan arahan, pertemuan pertama disusul kemudian dengan pertemuan-pertemuan berikutnya dibukakan dan di informasikan secara terbuka, dimana setiap orang bisa bergabung dalam grup via tautan link Grup WA yang dibagikan sebelumnya dibeberapa flatform.
Untuk saat ini, sudah ada beberapa yang terlibat, dan diharapkan melalui seksi humas FS23 akan semakin banyak lagi pihak yang akan mengambil bagian sesuai dengan bakat dan minat masing masing.

Baca Juga :
Audiensi Panitia FS22 Tahun 2022 ke Bupati Dairi


Seperti yang sudah sebutkan sebelumnya, FS ini pada dasarnya terbentuk dari niat dan keingin dari Naposo Silahisabungan untuk terus mencoba menggali budaya yang ada dan kemudian dilanjut ketahap mengedukasikannya ke adik adik yang berusia lebih muda.
Dalam proses persiapan FS22, tidak dapat dipungkiri, ada banyak pihak yang terlibat didalamnya dari sejak awal sampai ahir, dimana diantaranya secara khusus adalah Naposo Marsada Silahisabungan, kemudian pemerintahan Desa, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Pak Rahmat selaku kepala dinas pariwisata kabupaten Dairi, dan yang paling penting adalah Seluruh masyarakat kecamatan Silahisabungan. FS22 didukung dengan sangat baik oleh masyarakat, terlihat jelas dari aktusias masyarakat yang memberikan sumbangsih baik berupa tenaga maupun dana.

Jadwal & Lokasi Pelaksanaan FS23

Festival Silahisabungan 2023 ( #FS23 ) direncanakan akan dilaksanakan selama 5 Hari, dengan berbagai jenis kegiatan, kegiatan akan dimulai dengan Tiup Lilin di Hari Rabu, tanggal 14 Juni diikuti berbagai kegiatan lainnya serta akan diahiri dengan puncak acara pertunjukan di Hari Minggu, tanggal 18 Juni, untuk Roundown acara akan di informasikan via sosial media Fesvial Silahisabungan (FB dan IG), Silahkan Follow Instagram Festival Silahisabungan DISINI dan jangan lupa like juga Fans Pagenya DISINI. Informasi terkait jenis dan jadwal lomba akan di update via Sosmed.

Pengembangan FS23 dari FS22

Dalam FS22, 80 % kegiatan FS dilaksanakan oleh Naposo Marsada Silahisabungan, dan untuk FS23 dikembangkan dengan merangkul berbagai pihak, salah satunya adalah melibatkan anak SMA Negeri 1 Silahisabungan melalui kepala sekolah Bapak Sihaloho dan termasuk juga para mahasiswa/i yang turut ambil andil dalam kegiatan ini, di FS22 ada 6 jenis perlombaan yang direncanakan, dan kemudian 5 perlombaan yang dilaksanakan, di FS23 direncanakan akan ada 11 perlombaan tradisional yang akan dibawakan, namun masih dalam tahap kajian, ada beberapa tambahan pertandingan yang direncanakan yang berhubungan dengan adat dan budaya di kecamatan silahisabungan, diantaranya adalah perlombaan Raja Parhata (Ide Brilian Anak Kuliah), Perlombaan Tebak Silsilah (Ide Brilian Anak Kuliah).

Selain hal tersebut diatas, tentu masih banyak hal yang tidak dapat kami sampaikan via artikel, untuk informasi lebih lanjut, pemberian saran & kritik silahkan menghubungi panita FS23 via informasi dibawah.


Sumber Dana 

Berikut adalah 5 Sumber dana yang di rencanakan dalam proses pelaksanaan kegiatan Festival Silahisabungan 2023, di urutkan berdasarkan prioritas. 

  • Partisipasi Masyarakat

Partisipasi Masyarat menjadi yang pertama dan utama, sumber dana dalam pelaksanaan kegiatan ini mengutaman keterlibatan dari masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarat melalui muda mudi yang ada, tidak ada patokan jumlah yang ditentukan panitia dalam proses keterlibatan masyarakan dalam hal dana, proses pengutipan akan dilakukan oleh tim panitia seksi dana yang di ketuai oleh Peri Nababan dan dibantu oleh Tim, kegiatan ini sepenuhnya atas sepengetahuan dan persetujuan camata Silahisabungan dibuktikan dengan surat izin bertanda tangan dari beliau.
Direncanakan panitia juga akan menjual air minum kemasan di Simpang 3 SMP, untuk proses penambahan dana dari para pengunjung.
Untuk Masyarat yang mendukung kegiatan ini, namun berdomisili diluar kecamatan Silahisabungan, dapat melakukan proses pengiriman dana seiklasnya via nomor rekeing bendahara dengan detail sebagai berikut :

Nama Bank : BRI
No. Rekening : 530601030383532
Atas Nama : Yesica Margaretha
Bandahara FS23

  • Proposal

Proposal akan di tujukan kepada individu atau badan atau kelompok tertentu, akan di proses oleh seksi dana yang di koordinir Peri Nababan dan Tim

  • Sponsor

Setiap orang bisa dan layak untuk menjadi sponsor, dalam hal ini, individu atau sponsor yang membantu panita FS23, kami ucapkan terima kasih sebelumnya.

  • Pemerintah

Berhubung kegiatan Festival Silahisabungan dilaksanakan dalam Rangka Hari jadi Kecamatan Silahisabungan, Bukan berarti Pemerintah memiliki kewajiban untuk mendanai kegaitan ini, namun tentu saya sebagai pelaksana kegiatan, kami juga berharap pemerintah ikut serta dalam proses penambahan dana untuk kegiatan ini, demi mendukung sumber dana utama kami di poin pertama.

  • Buzzer

Direncanakan, Panitia akan menjual Baju dengan desain bertemakan Festival Silahisabungan, semoga Sumber Dana dalam Opsi ke 5 ini akan segera terealisasi.


Penutup

Secara garis besar, kegiatan ini tentu saja di mulai untuk tujuan baik, ada kalimat yang mengatakan,
Untuk Hal baik, Mulai saja dulu..., Ada masalah, cari Solusi.

Perlu disampaikan ulang, bahwa tujuan secara singkat kegiatan ini adalah : Mengali dan Mengedukasi adat dan budaya yang ada di kecamatan Silahisabungan. Kami selalu siap untuk jadi Murid yang baik.


Info External

Panitia FS22 (Tahun 2022)

Ketua: Putra B. Pintubatu
W.ketua: Jespo Siallagan
Sekretaris: Friska Simanjorang
Bendahara: Sonia Limbong

Panitia FS23 (Tahun 2023)

Ketua : Jespo Siallagan
Wakil Ketua : Ester Situngkir
Sekretaris : Marco Situngkir
Bendahara : Jesica Situngkir
Wakil Bendahara : Elisabet Girsang

Kontak Panitia #FS2023

Hp/ WA: 082274814701 / 085380574323
Email : FestivalSilahisabungan@gmail.com

Tunggu Informasi lebih lanjut dari kami. ♥♥♥

Horas, Ya'ahowu... Salam kenal, saya Onald, Saya mengelolah beberapa blog (Dapat anda lihat di daftar), dan hobby membaca serta menulis, saya menghabiskan waktu di dunia internet, termasuk Youtub…

Post a Comment

Mohon Menggunakan Bahasa yang Sopan!